Media Baru

Apa itu media baru??

Media Baru adalah merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet (media online).
Media Online adalah media massa generasi ketiga setelah media cetak yang tersaji secara online di situs web (website) internet, serta berbasis telekomunikasi dan multimedia. Yang termasuk media online adalah website, radio online, TV online, email, social media, dan sebagainya.


Menurut McQuail (2005) fungsi media baru adalah sebagai berikut :
- Media komunikasi interpesonal
- Media pencari informasi
- Media partisipasi kolektif
- Media permainan interaktif

Setiap media pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. tidak ada media yang tidak memiliki kekurangan. berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari media baru :

Kelebihan
  • Kapasitas luas, dapat dijangkau oleh seluruh dunia dan dapat memuat banyak isi.
  • Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  • Fleksibel, jadwal terbit bisa kapan dan dimana saja.
  • Cepat, setelah di-upload langsung bisa diakses oleh semua orang.
  • Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan dalam penyajiannya.
  • Update, pembaruan informasi dapat dilakukan setiap saat.
  • Interaktif, terjadi komunikasi dua arah dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dan sebagainya.
  • Terdokumentasi, informasi tersimpan di “bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan menggunakan fasilitas ”cari” (search).
  • Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Kekurangan
  • Tidak ada ukuran pasti tentang siapa penerbit berita, sehingga dapat diklaim oleh beberapa pihak.
  • Adanya kecenderungan membuat lelah saat membaca sajian di berita yang terlalu panjang.
  • Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita.
  • Banyak terjadi kesalahan penulisan yang dikarenakan mengutamakan kecepatan dalam proses penulisan.
  • Berpotensi mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia maya) seperti penculikan, penipuan, dan berbagai tindak kriminal lainnya.
  • Menurunnya minat baca di perpustakaan akibat lebih praktisnya media baru.
  • Meningkatkan plagiat (dicurinya karya-karya yang tersaji di media baru).

Dari semua media yang ada, media satu dengan media lainnya pasti memiliki karakter yang berbeda. Karakter sebuah media online sendiri adalah sebagai berikut :
  • Content is the king
  • User behaviour (online / offline)
  • Statistic (high traffic / advertising)
  • Marketing
  • Technology
  • Make money (creative)
  • Culture

Bagaimana kaitan sebuah iklan dengan media baru??
Untuk saat ini, seperti yang kita ketahui bahwa media baru dapat diterima masyarakat dengan sangat baik. Indonesia merupakan tingkat 5 besar di Asia sebagai pengguna internet terbanyak. Hal itu dpat terjadi karena masyarakat sangat senang dengan hal-hal yang instant dan murah sehingga di Indonesia terdapat banyak sekali pengguna media baru ini. Dapat dikatakan hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan media baru ini. Dengan banyaknya pengguna media baru ini maka iklan yang dipasang menjadi sangat efektif. Setiap hari masyarakat pasti membuka media baru ini. Begitu pula dengan iklan, jika mereka memasang iklan di media baru ini dapat diartikan iklan tersebut juga dilihat oleh setiap pengguna media baru tersebut. Dengan adanya iklan di media baru ini dapat menambah pemasukan bagi media itu sendiri untuk mengembangkan halaman website yang dimilikinya sehingga membuat penggunanya nyaman dan terus mengunjungi website tersbut. Oleh sebab itu, iklan dan media baru saling berkaitan erat karena jika tidak ada media baru maka iklan tidak akan efektif dan begitu pula sebaliknya, jika tidak ada iklan maka media baru tersebut tidak akan berkembang pesat.


Referensi :

Materi Perkuliahan Kapita Selekta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar